Petunjuk Nabi Saw Dalam Mengobati Jerawat

Petunjuk Nabi Saw Dalam Mengobati Jerawat

Ibnu As-Sunni menyebutkan dalam kitabnya riwayat dari salah seorang istri Nabi yang menceritakan, “Rasulullah Saw pernah menemuiku, saat itu dijariku tumbuh semacam jerawat. Beliau bertanya, “Engkau punya minyak wangi dzarirah?” Aku menjawab, “Punya.” Beliau berkata, “Bubuhkan dijerawatmu itu, lalu ucapkan doa:

Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawat yang ada pada hamba.” [1]

Dzarirah sendiri sebenarnya adalah obat India (berbentuk wewangian) dibuat dari sari batang pohon Dzarirah. Sifatnya panas dan kering, berguna meredakan radang lambung, lever, dan kekurangan cairan tubuh bahkan juga bisa menguatkan jantung.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim diriwayatkan dari Aisyah bahwa ia menceritakan:

Aku membubuhi minyak wangi kepada Rasulullah dengan kedua tanganku dengan minyak dzarirah, pada Hajjatul Wada’ untuk melakukan tahallul dan ihram.”

Jerawat atau dalam bahasa Arabnya Batsrah adalah sejenis benjolan kecil terdiri dari semacam zat panas dan tumbuh secara alami. Biasanya menghinggapi suatu bagian tubuh, perlu ditunggu agar agak matang, baru dipecahkan dan dikeluarkan isinya. Dzarirah mengandung khasiat untuk melakukan prose situ. Ia bisa mematangkan dan mengeluarkan isi jerawat, disamping juga memberikan aroma yang wangi. Obat ini dapat mendinginkan panas jerawat. Oleh sebab itu penulis Al-Qanun menandaskan, [2] “Tidak ada yang lebih aku utamakan untuk meredam panas dari pada dzarirah yang dicampur dengan dengan air mawar dan cuka.”

 

[1] Dikeluarkan pula oleh Al-Hakim dan beliau berkata, “Sanadnya shahih namun tidak dikeluarkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, dan diakui oleh Adz-Dzahabi.

[2] Zadul Ma’ad hal. 100.

 

Banyak obat herbal untuk jerawat maupun untuk perawatan kecantikan yang dijual di toko herbal online.

Related Post

Share

Comments are closed.